Home
Hebaat, Mahasiswa Ciptakan Aplikasi Game Alquran

Hebaat, Mahasiswa Ciptakan Aplikasi Game Alquran

Membaca dan menghafal Alquran bagi sebagian orang merupakan sebuah agenda yang wajib dilakukan di bulan suci Ramadan. Kini di era digital, membaca kitab suci muslim tersebut bisa dilakukan melalui gadget.

Seperti aplikasi yang diciptakan oleh mahasiswa asal Indonesia, Muhammad Faris. Aplikasi itu bernama ‘Quran Challenge’ yakni sebuah aplikasi yang mampu membantu kamu dalam mengkhatamkan Alquran dengan cara yang menyenangkan.

Bermula dari keinginan menghafal Quran pada 2014 silam, mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) itu akhirnya mewujudkan aplikasi berkonsep seperti game pada 2016.

Faris mengatakan aplikasinya memiliki sistem reward dan achievement. “Poin yang dikumpulkan dari kegiatan membaca Quran bisa ditukar dengan item seperti item translate, ataupun item gerak tombol otomatis yang nantinya juga akan memudahkan pengguna,” katanya seperti dilansir dari laman UI, Jumat (9/6/2017).

Sesuai namanya, Quran Challange juga menyediakan tantangan-tantangan untuk naik level dengan cara menyelesaikan sejumlah ayat atau juz. Aplikasi besutan mahasiswa UI itu pun sudah dapat diunduh di perangkat iOS dan Android.

Bahkan, dalam waktu dekat, Faris rencana menambahkan sejumlah fitur lagi dalam aplikasinya. Seperti fitur grup dan tajwid. “Rencana jangka panjangnya juga kami akan berkolaborasi dengan komunitas tilawah dan pengembang aplikasi lain untuk meluaskan manfaat dari aplikasi ini,” tandasnya.

Sumber: http://news.okezone.com

Leave a Comment

*

*