Home
Kampus berperan penting mobilisasi pemilih muda

Kampus berperan penting mobilisasi pemilih muda

Wakil Ketua DPR RI, Priyo Budi Santoso, menilai peran kampus sangat penting dalam mensukseskan Pemilu 2014 terutama memobilisasi pemilih muda untuk memberikan hak suaranya.

“Jumlah pemilih muda dalam Pemilu 2014 mencapai 50 persen, salah satu sumbernya adalah di kampus. Maka itu, kampus memiliki peranan penting dalam kesuksesan Pemilu untuk memobilisasi pemilih muda dalam memberikan hak suaranya,” kata Priyo Budi Santoso ditemui usai acara Leader Talk di Universitas Mercu Buana Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, sisa waktu sebelum pelaksanaan Pileg dan Pilpres dapat dimaksimalkan untuk melakukan sosialisasi kepada pemilih muda.

Meski banyak survei mengatakan bila minat pemilih muda mengalami penurunan karena sosok calon yang dipilih masih kualitas lama atau belum memiliki perubahan seperti yang diinginkan.

Ditambah lagi, belum ada magnet yang kuat untuk menarik minat pemilih muda dari partai politik atau setiap calon anggota legislatif.

“Maka itu, perlu adanya perubahan untuk mengikuti kondisi yang ada. Jangan hanya sekedar janji lama yang membuat orang malam untuk ikut partisipasi,” ujarnya.

Priyo pun meminta agar pihak kampus bisa mengajak pemilih muda dalam kesuksesan Pemilu. Sebab, para mahasiswa nantilah yang akan menjadi penerus pemimpin saat ini. “Semua pihak harus akif,” tegasnya.

Rektor Universitas Mercu Buana, Arissetyanto Nugroho, menambahkan, dengan berbagai kegiatan mahasiswa seperti seminar hari ini, dimasukan mengenai pendidikan politik.

Harapannya, mahasiswa yang ikut serta terlibat dalam Pemilu di lingkungannya, bisa lebih paham. Lalu, bagi mahasiswa lainnya, pendidikan politik untuk menjadi bekal bagi memilih calon pemimpinnya.

“Kita berharap agar pelaksanaan Pemilu 2014 lebih baik dibandingkan sebelumnya. Dunia pendidikan dapat menjadi bagian dalam kesuksesan pemilu,” ujarnya.

Sumber: http://www.antaranews.com/

Leave a Comment

*

*