Home
Mahasiswa asing berperan sebar Bahasa Indonesia

Mahasiswa asing berperan sebar Bahasa Indonesia

Mahasiswa asing yang belajar di Indonesia berperan besar dalam menyebarluaskan Bahasa Indonesia ke seluruh dunia.

“Dan itu prospektif pasalnya jumlah mahasiswa yang tertarik mempelajari Bahasa Indonesia dan kuliah di sini terus meningkat,” kata Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Dirjen Dikti Hermawan K Dipojono di Bandung, Jumat.

Ia menyebutkan, memperkenalkan Bahasa Indonesia di dunia internasional tidak hanya dilakukan orang Indonesia di luar negeri, namun juga mahasiswa asing.
Menurut Hermawan, jumlah mahasiswa asing yang belajar di Indonesia sekitar delapan ribu orang, meski masih kalah jauh dari mahasiswa Indonesia yang belajar di luar negeri yang bisa sepuluh kali lipatnya.

“Bila mahasiswa asing belajar di Indonesia, maka mereka otomatis belajar dan menggunakan Bahasa Indonesia, mereka cukup efektif dan yang pasti minat mempelajari Bahasa Indonesia cukup tinggi,” katanya.

Pemeritnah terus meningkatkan angka mahasiswa asing yang belajar di Indonesia, salah satunya melalui program pertukaran pelajar dan pameran pendidikan Indonesia di luar negeri.

Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unpad Setiawan menyatakan kehadiran mahasiswa asing membawa dampak besar bagi penyebaran dan pengembangan Bahasa Indonesia.

Sumber: ANTARA

Tags:

Leave a Comment

*

*