Home
Generasi muda perlu dapatkan pendidikan politik

Generasi muda perlu dapatkan pendidikan politik

Generasi muda perlu mendapatkan pendidikan politik dalam upaya memahami demokrasi di Indonesia sehingga hasilnya akan mendukung budaya politik yang santun dan beretika.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Denpasar dalam sambutan kegiatan pembekalan pemuda yang bertema “Pendidikan Politik bagi Pemilih Pemula” yang dibacakan Asisten I Pemerintahan Denpasar Ketut Mister di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan, pembekalan pendidikan politik terhadap para siswa-siswi itu diharapkan tercipta sikap mental dan perilaku yang terpola dan sistemik, sehingga hasilnya akan mendukung budaya politik yang santun dan beretika untuk dijadikan landasan demokrasi tersebut.

Menurutnya, bukan budaya politik saja yang diharapkan menjadi lebih santun dan berbudaya, akan tetapi dalam kesehariaanya berupa sikap tertib berlalu lintas, tertib membuang sampah, itu pun bagian dari pendidikan dan disiplin diri.

“Ini dimulai dan diawali dari diri sendiri, kemudian secara perlahan menularkan kepada lingkungan dimana mereka tinggal,” katanya.

Selain itu, kata dia, pendidikan politik ini juga bertujuan untuk meningkatkan wawasan para siswa, dengan harapan tercapainya pola tindak dan pola aturan yang berlaku yang sesuai dengan aturan disekolahnya.

Sementara itu, Kepala Kebangsaan dan Politik Denpasar yang sekaligus ketua panitia kegiatan itu mengatakan, para siswa`sebagai kader penerus bangsa dan calon pemimpin di masa depan, diharapkan memiliki wawasan dan pengetahuan dalam politik dan memiliki kepekaan serta tanggap berbagai ancaman dan gangguan pada lingkungan.

“Sebagai generasi penerus harus mampu mendapatkan pemahaman politik yang santun, sehingga demokrasi yang dijalankan sesuai dengan harapan bangsa dan aturan,” ujarnya.

Kegiatan ini menghadirkan sejumlah narasumber yang digelar sehari diikuti sekitar 300 siswa se-Kota Denpasar.

Sumber: ANTARA

Leave a Comment

*

*