Home
Rebut Gelar dari Negeri Sakura

Rebut Gelar dari Negeri Sakura

JAKARTA – Di Asia, Jepang terkenal sebagai salah satu jagoan pendidikan tinggi. Banyak mahasiswa asing yang berkuliah di Jepang bahkan berasal dari Amerika dan Eropa, dua negara yang juga dikenal maju dalam pendidikan tinggi.

Cara efektif untuk menempuh studi di negara asing, termasuk Negeri Sakura, adalah melalui beasiswa. Jepang dikenal sebagai salah satu negara pemberi beasiswa dalam jumlah besar untuk Indonesia. Monbukagakusho adalah program beasiswa yang diberikan pemerintah Jepang kepada para mahasiswa Indonesia sebagai research student (mahasiswa penelitian).

Monbukagakusho diberikan secara penuh, meliputi biaya pendidikan dan biaya hidup selama di Jepang. Jika lulus seleksi universitas yang bersangkutan, para pelamar bisa melamar ke program sarjana; yaitu S2, S3, atau kursus profesional. Bisa juga melanjutkan ke S3 setelah lulus dari S2 atau kursus profesional,” papar Reny Y dalam buku Kuliah Gratis di Luar Negeri.

Dalam buku terbitan Daras Books tersebut Reny memaparkan persyaratan pengajuan beasiswa Monbukagakusho. Para pelamar berusia kurang dari 35 tahun dengan nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,00 dan nilai Examination for Japanese University Admission for International Student (EJU) minimal 260 dari dua mata ujian. Para pelamar juga harus menguasai bahasa asing yang dibuktikan dengan sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 550 (PBT0 atau 213 (CBT), atau nilai JLPT minimal level dua. Sementara, bidang studi yang dipilih sama dengan disiplin ilmu sebelumnya.

“Tertarik melamar? Formulir pendaftaran bisa kamu dapatkan di kedutaan besar Jepang di Jakarta dan konsulat Jepang di Surabaya, Medan, dan Makasar; atau diunduh di situs kedutaan besar Jepang. Formulir pendaftaran beserta berkas lamaran dikembalikan ke kedutaan besar Jepang, baik secara langsung maupun lewat pos,” jelas Reny.

Informasi lengkap mengenai Monbukagakusho dapat disimak di laman http://www.id.emb-japan.go.jp

Sumber: http://kampus.okezone.com

Leave a Comment

*

*